Budi Gunawan Ternyata Timses Jokowi-JK

Komjenpol Budi Gunawan
Komjenpol Budi Gunawan
Komjenpol Budi Gunawan

POJOKSATU – Presiden Joko Widodo tak menampik jika penunjukkan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal kapolri karena faktor kedekatan. “Lha masak saya pilih yang jauh,” ujar Jokowi kepada wartawan saat mengunjungi PT PAL Indonesia, Sabtu (10/1/2015).

Penunjukan Budi Gunawan, kata Jokowi, sudah melaui pertimbangan. Mantan Gubernur DKI jakarta itu juga membenarkan surat penunjukkan Budi Gunawan sebagai sama seperti yang beredar di media massa.

Budi Gunawan, lanjut Jokowi, memenuhi syarat untuk menggantikan Jenderal Sutarman sebagai kapolri. Karena itu, ia meminta agar penunjukan itu tidak dijadikan polemik. “Hak prerogratif saya pakai, saya pilih (Budi Gunawan). Sudah dari kompolnas,” imbuhnya.

Ketua DPP Bidang Hukum PDIP Trimedya Panjaitan tak menampik tudingan adanya penilaian subjektif di balik penunjukan Budi. Apalagi baik Jokowi maupun Budi sama-sama kelahiran Solo. Meski begitu, Trimedya yakin Jokowi sudah mempertimbangkan keputusannya dengan baik.


Dijelaskan Trimedya, Budi yang merupakan mantan ajudan Megawati Soekarnoputri memang sudah akrab di kalangan PDIP. Budi disebutnya bahkan terlibat dalam penyusunan visi misi Jokowi-Jusuf Kalla dalam bidang pertahanan dan keamanan. (one)