Tiga Jenazah segera Diterbangkan ke Surabaya

INDONESIA-MALAYASIA-SINGAPORE-AVIATION-AIRASIA
Tim SAR Mengevakuasi jenazah penumpang AirAsia

POJOKSATU –  Tiga jenazah AirAsia QZ 8501 tiba Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Jumat (9/1/2015) sekitar pukul 09:00. Ketiga jenazah tersebut ditemukan oleh dua kapal perang milik Jepang.

Wartawan Pojoksatu.id Muhammad Indra Khalil melaporkan, satu jenazah ditemukan oleh Kapal Takanami yang turut melakukan pencarian. Sedangkan, kapal Onami menemukan dua jenazah. Ketiga jenazah yang ditemukan ini diangkut dengan menggunakan helikopter Seahawk ke Lanud Iskandar.

Ketiga jenazah ini kemudian langsung dibawa menuju Lanud Iskandar sebelum diberangkatkan ke Surabaya, Jawa Timur. Sementara, dua jenazah yang belum diangkut, saat ini sudah berada di KN Pacitan dan tinggal menungu proses penjemputan.

Dengan penambahan tiga jenazah, maka sudah ada 44 jenazah yang tiba di Pangkalan Bun. Memasuki hari ke-13 pencarian, jumlah jenazah yang telah ditemukan sebanyak 46 jenazah. Sebanyak 41 jenazah diantaranya telah diterbangkan ke Surabaya untuk identifikasi. Sebanyak 25 jenazah diantaranya telah teridentifikasi.


Indra melaporkan, kondisi cuaca di Pangkalan Bun sangat cerah pada pagi hari. Namun, pada pukul 13:00 hingga 15:00, Pngkalan Bun diguyur hujan deras. Namun, hal tersebut tidak membuat upaya evakuasi di daratan terganggu.

Sementara itu, terkait dengan upaya pengangkatan ekor black box di dasar laut, KNKT telah memberikan pelatihan khusus kepada tiga orang penyelam. Pelatihan itu sangat penting mengingat kondisi black box diperkirakan hancur, sehingga pengangkatannya sangat hati-hati.

Ada tiga penyelam khusus yang disiapkan KNKT. Sebab, Black box kemungkinan hancur. Kalau pun benar hancur, itu hanya bagian luarnya saja, sementara bagian dalam (memori) tidak akan rusak. (indra/one)