Jonan Hukum 11 Mafia Izin Terbang

ignasius jonan
Ignasius Jonan, Foto: Istimewa

POJOKSATU – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah memberikan sanksi kepada 11 pejabat Kementerian Perhubungan yang menjadi mafia izin penerbangan.  Jonan mengumumkan audit yang dilakukan Inspektorat Jenderal yang menyatakan bahwa 61 penerbangan penerbangan dari 5 maskapai menlanggar izin terbang.

Jika ingin terbang kembali, mereka harus mengurus ulang perizinannya, termasuk maskapai milik Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti, Susi Air.

Jonan menjelaskan, tak ada unsur pidana yang dilakukan 11 pejabat Kemenhub yang disanksi. Semuanya tak dikenai sanksi pemecatan, namun hanya pembatasan tugas dan mutasi. “Dari laporan pemeriksaan Inspektorat Jenderal, tidak ada unsur pidana. Hanya kelalaian atau kekurangpedulian kerja. Pemecatan sampai sekarang tidak ada, tapi pembatasan tugas sudah ada, dan mutasi akan dilakukan segera,” imbuh Jonan.

Kesebelas pejabat yang disanksi itu adalah 3 pejabat eselon II dan 7 pejabat eselon III. Satu lainnya yang ikut kena sanksi adalah seorang principal inspector officer.  (zul/ps)