Majalah Charlie Hebdo Edisi Nabi Muhammad Dijual Rp265 Juta

Korban pembantaian di Kantor Majalah Prancis dievakuasi
Korban pembantaian di Kantor Majalah Prancis dievakuasi
Korban pembantaian di Kantor Majalah Prancis dievakuasi

POJOKSATU -Majalah satire Charlie Hebdo, Prancis, mendadak terkenal seantera dunia. Majalah ini meramaikan halaman utama media-media besar di seluruh duni. Majalah yang terbit  sejak 40 tahun lalu itu menjadi perbincangan hangat setelah terjadi pembantaian yang menewaskan 12 orang di kantor tersebut pada Rabu (7/1/2015) pagi.

Masyarakat internasional pun ingin mengetahui lebih jauh tentang media tersebut. Kurang dari 24 jam setelah penembakan kelompok bersenjata di kantor tersebut, tujuh edisi Charlie Hebdo dijual di eBay.

Tak kurang dari 26 orang telah mengajukan penawaran untuk membeli satu edisi majalah mingguan itu dengan harga tertinggi US$ 100 atau sekitar Rp 1,2 juta dalam tempo tiga hari terakhir. Cara pembelian lainnya adalah membeli seketika tapi harganya per edisi jauh lebih mahal, yakni US$ 190-595.

Khusus untuk edisi kartun Nabi Muhammad SAW di sampul depan majalah edisi November 2011, eBay melelangnya seharga 14 ribu euro atau sekitar Rp 265 juta. Si penjual edisi kartun Nabi Muhammad di eBay berjanji akan menyumbangkan hasil penjualannya kepada korban penembakan di kantor Charlie Hebdo.


“Kejadian ini sangat tragis dan menyorot banyak media di dunia, sehingga memunculkan rasa penasaran. Semakin orang-orang tertarik pada suatu hal, semakin tinggi harga lelang untuk hal tersebut,” kata eBay kepada AFP, Jumat  (9/1/2015).  (AFP/one)