Jonan Suruh Menteri Susi Urus Ulang Izin Terbang

ignasius jonan
Ignasius Jonan

POJOKSATU – Kementerian Perhubungan memberikan tindakan tegas kepada maskapai yang melanggar izin penerbangan. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 61 penerbangan diberikan sanski, termasuk 3 penerbangan Susi Air yang merupakan maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, Kementerian Perhubungan tidak mengizinkan 61 penerbangan dari 5 maskapai karena melanggar izin. Jonan memerintahkan mereka untuk segera mengajukan izin baru yang sesuai dengan jadwal penerbangan, termasuk maskapai milik Susi Pudjiastuti.

“Maskapai itu harus ajukan izin dengan syarat yang lengkap,” tegas kata Jonan dalam jumpa pers di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Mantan Dirut PT KAI itu menjamin Kemenhub akan segera menerbitkan izin yang baru setelah menerima pengajuan dari maskapai yang bersangkutan.


Jonan menyarankan sore ini juga izin diajukan kembali ke Kemenhub agar bisa diproses secepatnya. “Saya jamin, ajukan sore ini langsung diproses. Kalau izin lengkap, 1 hari izin keluar,” tambahnya.

Hasil audit Kemenhub diketahui ada 5 maskapai yang melanggar izin terbang. Maskapai itu adalah Garuda, Lion Air, Wings Air, Trans Nusa dan Susi Air. Sebagai sanksinya membekukan 61 rute penerbangan. Kemenhub menyarankan agar maskapai itu segera memproses izin. (one)