Ini Setumpuk Pekerjaan DPR Usai “Libur Panjang”

DPR RI
DPR RI

dpr

POJOKSATU – Masa reses pertama anggota DPR RI periode 2014-2019 telah usai hari ini. Senin mendatang (12/1), parlemen akan memasuki masa sidang kedua. Pembukaan masa sidang akan didahului pidato Ketua DPR RI, Setya Novanto.

“Yang jelas, Senin itu pembukaan masa sidang kedua, didahului pidato dari ketua DPR yang menyatakan pembukaan masa sidang kedua,” ujar Wakil Ketua DPR, Agus Hermanto, saat ditemui di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Jumat, 9/1).

Di masa sidang pertama, praktis hampir tak ada pekerjaan parlemen yang dikerjakan DPR karena perpecahan internal. Selanjutnya di masa sidang kedua, anggota Dewan akan menetapkan susunan alat kelengkapan dewan (AKD) dan komisi yang sudah disepakati pada akhir masa sidang pertama. Masing-masing AKD dan Komisi akan ditambah satu orang wakil ketua.


“Sudah bisa langsung bekerja, setelah itu banyak agenda di setiap komisi dan AKD dan lain lain sehingga bisa melaksanakan kegiatannya,” sambung Wakil Ketua Umum DPP Demokrat itu.

Agenda-agenda itu antara lain pengesahan Perppu nomor 1 tahun 2014 atau biasa disebut Perppu Pilkada. Perppu keluaran Presiden SBY ini akan dibahas dalam rentang waktu satu hingga dua bulan. Setelah itu, lanjut Agus, pemerintah memasukkan APBN Perubahan.

“Tanpa pembahasan APBN-P ini pemerintah belum bisa bekerja. Kita ketahui bahwa struktur nomenklatur kabinet Jokowi berubah, sementara APBN masih tergolong struktur pemerintahan sebelumnya,” sambungnya.

“Di komisi III harus juga ditetapkan fit and proper test pimpinan KPK, karena dalam UU KPK disebutkan pimpinan KPK harus lengkap,” tandas ipar Ani Yudhoyono itu. (ald)