Rumah dan Sekolah di Makassar Masih Terendam Banjir

Banjir Makassar
Banjir Makassar

POJOKSATU – Banjir yang melanda Tamalanrea Makassar cukup menyusahkan sebagian warga. Sejumlah warga masih mengungsi ke rumah keluarga yang dianggap aman dari banjir. Beberapa jalan juga masih tergenang hingga sore tadi, Rabu 7 Januari.

Kondisi tidak jauh berbeda di kawasan BTP. Beberapa rumah di bagian belakang BTP tampak masih terendam. Jalan menuju Kecamatan Pattallassang Gowa juga masih terdaoat beberapa titik genangan. Meski demikian kendaraan, tidak terkecuali motor tetap bisa melintas.

Selain rumah penduduk, beberapa fasilitas umum juga masih terendam. Satu di antaranya tiga kelas di SMA Negeri 19 Makassar belum bisa digunakan karena masih terendam.

Dengan demikian, baru 10 kelas yang bisa digunakan. Kelas yang sudah tidak digenangi air, tampak sangat kotor, di sana  sini terdapat sampah dan lumpur. Kursi, meja, dan buku pelajaran sebagian rusak. “Sebanyak 10 kelas sudah bisa dipakai, namun  tiga kelas lainnya  masih terendam. Kami akhirnya mengajak siswa sama-sama membersihkan. Siswa dibolehkan menggunakan sandal karena banjir bisa datang tanpa diduga,” ujar Humas SMA 19 Makassar, Hamra.


Hamra menambahkan, akibat banjir, laboratorium sekolah yang sedang direnovasi, runtuh dan rusak parah. “Kami harap Pemerintah Kota Makassar segera mencari jalan keluarnya karena setiap tahun sekolah ini selalu terendam air,” katanya. (faj/PS)