Izin Terbang AirAsia Rute Jakarta-Surabaya Dibekukan

air asia
AirAsia
Ilustrasi. FOTO: AFP
Ilustrasi. FOTO: AFP

POJOKSATU – Seteleh membekukan izin terbang AirAsia rute Surabaya-Singapura, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membekukan izin terbang maskapai murah itu untuk rute Jakarta-Surabaya.

Pembekuan tersebut dilakukan karena AirAsia terbukti melakukan pelanggaran izin rute. Pembekuan izin terbang tersebut berlaku selama satu pekan, terhitung mulai 6-12 Januari. Sebanyak tiga jadwal penerbangan dibatalkan akibat pembekuan dengan status sementara tersebut. Tiga penerbangan yang dibekukan yakni, penerbangan AirAsia QZ7692 dengan jadwal penerbangan pukul 11.05 WIB, AirAsia QZ7684 jadwal penerbangan pukul 19.10 WIB, serta AirAsia QZ7688 jadwal penerbangan pukul 22.35 WIB.

Kemenhub memberikan kesempatan kepada AirAsia untuk segera memenuhi regulasi perizinan rute. Apabila tidak segera dilakukan, tidak tertutup kemungkinan pembekuan izin rute ini dapat berlaku permanen. “Berdasarkan surat yang disampaikan dan diteruskan kepada OIC pada penerbangan Jakarta-Surabaya memang ada tiga penerbangan yang dibatalkan,” ujar petugas Office in Charge Terminal Tiga, Edi Mukri. (one)