“Pemberkasan CPNS Gratis, Kalau Minta Duit, Laporkan”

Guru honorer
Honorer mengurus pemberkasan CPNS

POJOKSATU – Setelah sempat tertunda, hasil tes CPNS 2014 akhirnya diumumkan. Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah merilis daftar kelulusan CPNS di 127 instansi. Data itu terdiri dari 14 kementerian/lembaga, 11 pemerintah provinsi, 102 pemerintah kota/kabupaten

Pengumuman CPNS 2014 dari pelamar umum ini tidak dilakukan serentak seperti tahun lalu. Sebab, waktu pelaksanaan seleksi CPNS 2014 setiap instansi baik di pusat maupun daerah tidak serentak

“Ini akan dilakukan bergulir karena masing-masing instansi laksanakan tes sendiri-sendiri,” ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman. (Baca: Lihat! Hasil Tes CPNS 2014 di 30 Kota dan Kabupaten)

Herman berharap, para pelamar yang dinyatakan lulus segera menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk kepentingan pemberkasan, sesuai dengan informasi dari instansi masing-masing.


Sementara itu, Kepala Bagian Komunikasi Publik KemenPAN-RB, Suwardi menegaskan, tidak ada sepeser pun biaya yang dikenakan kepada pelamar CPNS. “Kalau ada pihak-pihak yang memungut biaya atau meminta dana dengan dalih telah meluluskan, supaya segera dilaporkan dan akan ditindak sesuai ketentuan yang berlaku,” tuturnya. (one)