72 Ribu PNS DKI Ngeluh belum Terima Gaji

Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

POJOKSATU – Sebanyak 72 ribu PNS DKI Jakarta tidak terima gaji per 1 Januari 2015. Keterlambatan pembayaran gaji tersebut dikeluhkan sejumlah PNS. Pasalnya, hingga Rabu (7/1/2015) gaji mereka belum juga dibayarkan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov DKI Agus Suradika mengatakan, pencairan gaji tertunda akibat perombakan besar-besaran pejabat DKI yang dilakukan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada 2 Januari lalu. Ahok melantik 4.676 pejabat DKI tingkat eselon II, III dan IV di Lapangan Silang Monas.

Menurut Agus, sebenarnya data yang lama sudah ada. Tapi karena perombakan 4.000 pejabat pada tanggal 2 Januari lalu, maka data gaji juga berubah. Namun, Agus memastikan 72 ribu PNS DKI segera terima gaji dalam waktu dekat ini. “Dalam 1 atau 2 hari ini cair,” tambahnya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Heru Budi Hartono membenarkan adanya keterlambatan pembayaran gaji PNS. “Intinya, ini karena masalah kepala dinas yang baru yang harus disposisi kewenangan. Bukan karena kita tidak punya uang. ‎Seperti contoh kepala BKD saja kan ganti, padahal proses pencairan gaji seyogianya BKD harus mengkonfirmasi ke Dinas Kominfo, pejabat mana-mana saja hasil promosi kemarin dan pejabat mana yang tetap,” tutur Heru.


“Kalau kita nanti ‎main bayar saja, lalu terjadi ketimpangan pembayaran gaji, kerugian negara dong namanya,” imbuh Heru. (one)