Rusia Temukan Banyak Bangkai, TNI Kirim Super Puma

Basarnas mengevakuasi puing-puing pesawat
Basarnas mengevakuasi puing-puing pesawat
Basarnas mengevakuasi puing-puing pesawat

POJOKSATU – Rusia menunjukkan taringnya dalam melakukan pencarian korban dan bangkai AirAsia QZ 8501 di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Jet Ampibi Rusia melaporkan banyak temuan di lokasi pencarian jatuhnya AirAsia. ‎Temuan itu ditindaklanjuti posko gabungan Lanud Iskandar dengan mengirimkan helikopter Super Puma. “Mereka melaporkan ini temuan yang kita curigai,”‎ kata Komandan Lanud Iskandar, Pangkalan Bun Letkol (P) Jhonson Simatupang ‎di posko gabungan, Selasa (6/1/2015).‎

Jhonson menambahkan, malam yang dimaksud adalah Senin (5/1/)  pukul 18.15 WIB. Saat itu posko gabungan juga ingin menerbangkan helikopter dan pesawat CN untuk tindaklanjuti, namun kondisi sudah gelap karena malam. ‎”Mereka tidak kasih tahu detail temuan, cuma ciri-ciri warnanya merah besar, orange, hitam seperti kotak, warna putih dengan dimensi-dimensi,” ujarnya.

Lokasi area penerbangan jet amfibi itu berada di area III yang dalam kotak peta tampak di kanan bawah. Namun Jhonson mengatakan, sesaat sebelum terbang jet Ru‎sia meminta izin masuk area utama di posisi I. “Siang krunya minta apa boleh ke area I, boleh saja,” terangnya.

Ketinggian terbang mereka 1000 feet di atas laut. Sehingga koordinat temuan itu akan dipastikan lagi, lalu ditindaklanjuti dengan mengirimkan helikopter Super Puma pagi ini ke lokasi untuk evakuasi.
“Mereka pakai teropong tembus air dari atas kapal. Mereka terbang malam karena kalau siang dengan ombak tinggi nggak bisa lihat,” kata Jhonson. (one)