Inilah Sejumlah Putusan Penting MK di Tahun 2014

Gedung Mahkamah Konstitusi

6090_4730_gedung-MK

POJOKSATU – Ada beberapa putusan Mahkamah Konstitusi di tahun 2014 yang dinilai dapat mengubah wajah demokrasi di Indonesia.

Pertama MK memutuskan pelaksanaan pemilu serentak.

“Ini penting karena mengubah wajah demokrasi terutama dalam penyelenggaraan pemilu,” ujar Ketua MK, Hamdan Zoelva, dalam acara “Refleksi Tahun 2014: Menegakkan Konstitusionalisme dalam Dinamika Politik,” di gedung MK, Jakarta, Senin, (5/1).


Kedua, soal ekonomi, MK telah melakukan perubahan yang fundamental dengan membatalkan UU Koperasi karena tidak sesuai dengan UUD 45.

“Begitu juga dalam mekanisme seleksi hakim agung, kami mengubah yang tadinya DPR memilih dari tiga calon untuk satu posisi jadi hanya satu calon dengan pilihan setuju atau tidak. Jadi tidak memilih lagi,” sambungnya.

Di bidang hukum, MK juga mengabulkan permohonan mantan Ketua KPK Antasari Azhar. MK membatalkan peraturan peninjauan kembali di pengadilan yang hanya boleh dilakukan sekali menjadi boleh dilakukan berkali-kali.

“Jadi pada 2014 ini banyak putusan strategis yang penting dan berpengaruh bagi demokasi dan kenegaraan, termasuk pada kinerja MK di masa yang akan datang,” tandasnya. (zul)