BBM Tak Pengaruhi Tarif Bis

B - Copy

CIANJUR-Dampak penurunan harga BBM nampaknya tak berimbas pada angkutan umum bis antar kota. Hal itu menuai keluhan dari sejumlah penumpang yang merasa telah dirugikan dan tak sesuai dengan kondisi pada saat kenaikan harga BBM.

Sonia (18) seorang penumpang bus jurusan Cianjur-Bogor mengaku, kesal dengan sikap sopir bus yang mempertahankan harga. Padahal di lain sisi, harga BBM sudah turun sejak awal Januari 2015.

“Kalau harga BBM sekarang sudah turun, meskinya tarif harga bus pun turun juga,” kesal mahasiswi asal Bogor ini. Hal senada diungkapkan pengguna jasa bus lainnya Sinta (35). Baginya, turunnya atau tidaknya harga BBM sebaiknya disikapi dengan bijak sopir bus.


“Kalau mau protes kepada pengelolanya kayanya gak akan ditanggapi sama sekali, jadi percuma saja,“ paparnya kepada Radar Cianjur.

Salah satu Pengelola Jasa Bus di Cianjur, Deden Ahmad Fauzi menjelaskan, kendati harga BBM sudah turun namun untuk tarif harga jasa pelayanan bus akan tetap sama tak mengalami suatu perubahan.

Pihaknya enggan untuk menurunkan tarif harga pelayanan jasa bus karena berangkat dari beberapa faktor. Keperluan untuk pemeliharaan bis seperti membeli onderdil, spare part maupun perlengkapan kebutuhan bus lainnya menjadi alasan utama.

“Kalau harga bus turun berarti harga untuk perlengkapan bus pun harus ikut turun juga donk. Karena harga- harga untuk kebutuhan perlengkapan bus saat ini pada naik. Ya, kita sesuaikanlah dengan harga kebutuhan atau perlengkapan bus,” terangnya. (riz)