AS Keluarkan Peringatan, JK: Kenapa Khawatir?

Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla
Wapres Jusuf Kalla

POJOKSATU – Wakil Presiden Jusuf Kalla tak mempermasalahkan travel warning yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat untuk warganya yang akan berkunjung ke Surabaya, Jawa Timur. Menurutnya, pemerintah AS memiliki hak untuk membuat aturan bagi warganya.

“Semua negara berhak untuk memberikan peringatan kepada warga negaranya. Terserah saja. Mungkin itu laporan intelijennyaā€ˇ. Bagi kita tak ada soal, itu hak mereka, sama seperti hak kita beri travel warning untuk masyarakat kita,” ujar wapres di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (5/1).

JK pun menegaskan masalah pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan Pangkalan Bun tidak sampai menimbulkan ketidakstabilan dalam negeri. Oleh karena itu tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Yang ribut paling hanya AirAsia itu luar biasa. Yang susah saja kita laksanakan gampang, gimana yang lain. Kenapa khawatir,” tegas JK.


JK mengaku saat ini ia pun terus mengikuti perkembangan penanganan pencarian pesawat dan korbannya tersebut. Namun, ia enggan mengomentarinya lebih jauh. (flo/jpnn)