Sekali Cubit, Sel Otak Anak Rusak 10 Miliar

berteriak kepada anak
Ilustrasi ibu memarahi anaknya
Ilustrasi ibu memarahi anaknya
Ilustrasi ibu memarahi anaknya

POJOKSATU – Memiliki anak nakal memang sulit bagi orang tua. Menahan emosi untuk tidak membentaknya bukanlah pekerjaan mudah. Tetapi, seorang ibu dan ayah harus mampu menahan emosinya demi perkembangan masa depan anaknya.

Orang tua harus tahu bahwa lebih dari 10 triliun sel otak anak selalu siap tumbuh, tetapi akan mati 1 miliar saat orang tua membentak atau memakinya. Sedangkan di saat orang tua mencubit atau memukulnya, lebih dari 10 miliar sel otak anaknya akan mati.

Penelitian dari Lise Gliot memberikan kesimpulan bahwa anak dalam masa pertumbuhan golden age (2-3 tahun), tidak boleh dikasari agar sel otaknya tidak mati. Seorang ibu yang memberikan belaian lembut sambil menyusui akan membentuk otak anak dengan baik dan indah.

Penelitian ini dilakukan oleh Lise Gliot kepada anaknya sendiri. Dia memasang alat kabel perekam otak yang terhubung pada sebuah monitor komputer hinga dapat melihat setiap perubahan yang terjadi pada perkembangan otak anaknya.


Hasil yang didapat sungguh luar biasa ketika ia menyusui terbentuk pola rangkaian yang indah. Sedangkan ketika Lise mengeluarkan suara keras pada anaknya, rangkaian yang indah tersebut menggelembung laksana balon, kemudian pecah berantakan dan terjadi perubahan pada warna.

Penelitian ini jelas sekali menunjukkan efek marah kepada anak sangatlah mempengaruhi perkembangan sel otak anak tersebut. “Marah atau membentak, apalagi memukul anak tidak hanya merusak perkembangan sel otaknya, tapi juga merusak organ penting seperti hati, jantung, dan organ vital yang lainnya,” tutur Lise. (one)