Ini Alasan Johan Budi Mundur Jadi Jubir KPK

Deputi Pencegahan Johan Budi SP. FOTO: dok/jpnn.com
Deputi Pencegahan Johan Budi SP. FOTO: dok/jpnn.com

POJOKSATU – Johan Budi‎ SP mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada beberapa alasan yang menyebabkan Johan mundur dari jabatannya.

Johan yang kini menjabat sebagai Deputi Pencegahan KPK menyebut ada beberapa alasan yang menyebabkan dirinya mundur. Salah satunya adalah kondisi dan situasi yang berkembang di lembaga antirasuah itu.

“Mencermati kondisi dan situasi yang berkembang di lembaga KPK, sekaligus posisi sebagai Deputi Pencegahan, maka bersama ini saya menyampaikan pengunduran diri sebagai Juru Bicara KPK,” kata Johan dalam pesan singkat, Senin (5/1).

Johan menyatakan surat pengunduran dirinya telah dilayangkan sejak awal Januari. Namun, kata Johan, belum ‎ada jawaban apakah disetujui oleh pimpinan atau tidak.


Bukan kali pertama Johan melayangkan surat pengunduran diri sebagai Jubir KPK. Pada Juli 2011, dia sempat menyatakan mundur karena dituding oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin ikut dalam pertemuan di Hotel Formula One Cikini bersama Ade Raharja yang kala itu menjabat Direktur Penyidikan KPK.

Namun, permintaan itu ditolah oleh pimpinan KPK saat itu Busyro Muqoddas. Akhirnya, Johan tetap menjabat sebagai Juru Bicara KPK. (gil/jpnn)