MUI: Haram Buang Sampah Sembarangan

Haram buang sampah sembarang
Haram buang sampah sembarang

POJOKSATU – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempertegas seruan jangan buang sampah sembarangan. Lembaga pembuat fatwa itu menetapkan, membuang sampah sembarangan hukumnya adalah haram.

Sekretaris Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh menjelaskan, keluarnya fatwa ini untuk melindungi dan menyelamatkan lingkungan hidup. “Fatwa ini keluar dari rasa tanggung jawab sosial keagamaan terkait fenomena banjir dan limbah berbahaya,” kata dia di Jakarta.

Asrorun memastikan fatwa ini dibuat untuk kemaslahatan umat, bukan pesanan pihak tertentu. Dengan keluarnya fatwa ini, MUI berharap masyarakat lebih pedulu untuk kelestarian lingkungan hidup dan keselamatan masyarakat lainnya. Sampah-sampah diwajibkan dibuang di tempat sampah. Jika ada sampah yang bisa didaur ulang, MUI mengeluarkan hukum wajib kifayah.

Sementara itu kepada pemerintah, MUI berharap lebih giat lagi menjalankan program-program penangan sampah. Pemerintah juga diminta memperkuat pengawasan terhadap korporasi yang berpotensi mengeluarkan limbah berbahaya.


Bagi perusahaan yang melakukan pengelolaan limbah dengan bagus, diberi apresiasi. Sedangkan perusahaan yang seenaknya membuang limbah, harus dijatuhi sanksi. “Urusan sampah ini meliputi masyarakat, pemerintah, dan perusahaan,” tandasnya.

Selama kurun waktu 2014, MUI mengeluarkan sekitar delapan fatwa di luar fatwa produk halal. Selain fatwa haram membuang sampah sembarangan, MUI pernah mengeluarkan fatwa haram untuk sodomi, gay, lesbi, dan pencabulan. Keempat perilaku seksual menyimpang itu masuk kategori zina.

Fatwa lainnya adalah hukuman bagi pengedar, bandar, dan produsen narkoba. Kepada mereka, MUI membolehkan pelakunya tidak mendapatkan ampunan. Selain itu MUI juga membolehkan bagi pengedar, bandar, dan produsen narkoba untuk dihukum mati. Fatwa selanjutnya adalah perlindungan dan pelestarian satwa langka. (wan)