Bawah Laut Gelap dan Berlumut, Penyelam Naik Lagi

Tim penyelam siap-siap menyisir perairan Pangkalan Bun
Tim penyelam siap-siap menyisir perairan Pangkalan Bun

POJOKSATU – Tim penyelam pencari korban dan badan pesawat AirAsia QZ8501, terpaksa menghentikan proses pencarian akibat cuaca buruk di lokasi sekitar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Minggu (4/1) siang.

“Ini hari ke delapan pencarian. Penyelaman dihentikan sementara. Nanti dilanjutkan kalau cuaca memungkinkan,” kata Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Pusat, Minggu (4/1).

Akibat cuaca buruk, lanjut Soelistyo, keadaan bawah laut gelap dan berlumut, sehingga tidak terlihat oleh penyelam. Bahkan, kata dia, di dasar laut hanya terlihat seperti lumpur. Oleh karena itu kegiatan penyelaman dihentikan sementara waktu. Terutama penyelaman di kedalaman sekitar 31 meter.

“Laporan yang saya terima berhasil turun 2 orang penyelam. Tapi di dasar laut jarak pandang nol atau gelap. Terlihat lumpur, arus dasar laut 3-5 not,” sambungnya.


Hari ini pencarian baru dilakukan pagi tadi ketika cuaca cukup cerah. Sementara siang ini, kata Soelistyo, kondisi cuaca tidak memungkinkan termasuk terjadi hujan deras. (flo/jpnn)