Basarnas Sebut AirAsia Patah

airasia1
Pesawat AirAsia patah

POJOKSATU – Proses pencarian badan pesawat dan black box AirAsia hingga hari ke delapan masih nihil. Tim SAR hanya menemukan serpihan-serpihan pesawat, sementara badannya belum juga ditemukan

Basarnas ‎menduga pesawat nahas itu pecah dua. Karena itu, tim SAR akan fokus mencari ekor pesawat. Pasalnya, black box atau kotak hitam yang erisi rekaman kejadian di dalam pesawat berada di bagian ekor.

Direktur Operasional SAR Posko Pangkalan Bun, Marsekal SB Supriyadi mengatakan, berdasarkan temuan serpihan, kemungkinan besar badan pesawat patah. “Kelihatannya bodi dan ekor berpisah,” kata Supriyadi‎ saat jumpa pers di Pangkalan Bun, Minggu (4/1/2014).

Serpihan dimaksud adalah bagian-bagian pesawat yang berhasil ditemukan dan dievakuasi ke daratan. Jenisnya beragam dari mulai bagian pecahan bodi pesawat hingga kursi dan tabung pesawat.


Selain dari serpihan, dugaan pesawat AirAsia patah dua juga diketahui dari scan sonar yang sudah mulai dilakukan dan didapati 4 bagian pesawat dengan panjang beragam. “Barang-barang ini terpisah, yang diterima hanya pantulan metal di bawah laut karena kondisi butek di bawah laut dan mengganggu sonar,” tambah Supriyadi.‎

‎Ia menjelaskan, meskipun bodi pesawat telah ditemukan, bagian yang paling penting adalah ekor pesawat karena di situ tersimpan black box yang merekam kronolgi sebelum pesawat jatuh. Karena itu, tim SAR akan konsentrasi mencari ekor pesawat letak black box. (one)