OMG..AirAsia Sudah Tiga Bulan Langgar Izin Terbang

Selama 3 Bulan, AirAsia Ternyata Sering Langgar Izin Terbang. Foto Jawa Pos/JPNN.com
Selama 3 Bulan, AirAsia Ternyata Sering Langgar Izin Terbang. Foto Jawa Pos/JPNN.com

POJOKSATU – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah melakukan investigasi pemberian izin terbang AirAsia QZ501 di luar jadwal yang telah ditentukan. Plt Dirjen Perhubungan Udara Djoko Murdiatmojo mengatakan yang pertama akan di periksa adalah otoritas Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur.

“Saat ini kami sedang melakukan penelusuran di Bandara Juanda, Surabaya,” kata Djoko saat Jumpa pers, di Gedung Kemenhub, Jakarta, Sabtu (3/1).

Djoko menjelaskan selain hari Minggu, AirAsia juga berangkat di hari Rabu dan Jumat, dimana hari tersebut tidak termasuk dalam jadwal yang diizinkan oleh Kemenhub. Sebab izin terbang bagi AirAsia rute Surabaya-Singapura yakni Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu.

Disebutkan pula Djoko bahwa pelanggaran izin terbang saat AirAsia kehilangan kontak pada Minggu (28/12) tidak dilakukan pada saat itu saja. Ia mengungkapkan, pelanggaran jadwal penerbangan sudah terjadi sejak Oktober sampai Desember 2014.


“Setidaknya selama tiga bulan, AirAsia melakukan penerbangan di luar jadwal yang diberikan Kemenhub,” jelasnya. (dng/awa/jpnn)