Beredar Foto ISIS Bombardir Gedung Putih

Foto gedung putih terbakar
Foto gedung putih terbakar

POJOKSATU – Serangan udara yang dilancarkan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) selama dua hari (Rabu dan Kamis) ke basis ISIS di Iraq dan Suriah tak membuat mereka menyerah. Militan ISIS membalasnya dengan menyebar foto-foto gedung putih hancur dibombardir.

Foto yang disebar via internet itu menunjukkan pejuang ISIS menyerbu gedung putih di Washington. Bendera ISIS terlihat terbang di dekat gedung putih yang terbakar, sementara bendera AS jatuh. Selain itu, ada juga foto pilot dan jet tempur ISIS. Gambar tersebut disebarkan oleh militan ISIS berbahasa Rusia.

Gambar itu hanyalah fantasi dan mungkin jauh dari kenyataan. Sebab, ISIS semakin terpojok setelah dibombardir melalui serangan udara pimpinan AS selama beberapa hari terakhir.

Pada bulan Desember 2014, dilaporkan bahwa ISIS telah kehilangan tanah di Kobane, di mana pejuang Kurdi kini menguasai lebih dari 60 persen wilayah. Kota strategis yang terletak di perbatasan dengan Turki itu telah menjadi simbol utama perlawanan terhadap ISIS.


“Pasukan Kurdi kini menguasai lebih dari 60 persen Kota Kobane. Pejuang Kurdi dibantu serangan udara yang dipimpin AS”, kata Rami Abdel Rahman, Direktur Observatorium Suriah yang berbasis di Inggris untuk Hak Asasi Manusia.

Menurut Abdel Rahman, lebih dari 76.000 orang tewas di Suriah tahun lalu. Rinciannya 17.790 warga sipil, di antaranya 3.501 anak dan 1.987 perempuan, 15.488 pejuang pemberontak ISIS, dan 12.861 tentara rezim reguler dan petugas. (dailymail/one)