Badan Pesawat AirAsia Ditemukan di Kedalaman 30 Meter

Basarnas mendeteksi badan pesawat AirAsia di kedalaman 30 meter
Basarnas mendeteksi badan AirAsia di kedalaman 30 meter

POJOKSATU – Badan SAR Nasional menyatakan badan pesawat AirAsia QZ8501 resmi ditemukan semalam, Jumat (2/1). Badan pesawat terletak di kedalaman 30 meter, dan terdiri dari dua bagian dengan letak posisi berdekatan.

“Dari hasil operasi semalam, pada pukul 23.40 WITA, kami berhasil mendeteksi dua objek dengan dimensi cukup besar,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo di kantor pusat Basarnas, Jakarta Pusat, Sabtu (3/1).

“Posisi kedua objek berdekatan satu sama lain. Semua berada pada kedalaman 30 meter. Itu adalah bagian dari pesawat AirAsia yang kita cari selama ini,” ujar Soelistyo, yang dilansir CNN Indonesia.

Dari dua objek yang terdeteksi, satu berhasil dideteksi dalam tiga dimensi, sedangkan satu lagi terdeteksi dalam dua dimensi. Objek yang terdeteksi dalam 3D berukuran 9,2 x 4,6 x 0,4 meter. Sementara yang terdeteksi dalam 2D berukuran 7,2 x 0,5 meter.


Saat ini tim sedang menurunkan ROV ke bawah permukaan air laut untuk mendapatkan gambaran sesungguhnya terhadap kedua benda tersebut. Namun penurunan ROV masih sulit dilakukan karena terhadang gelombang tinggi dan arus kuat.

Soelistyo berjanji akan memberikan gambar atau foto pesawat nahas tersebut. Dia juga berjanji akan memberikan titik koordinat keberadaan pesawat. “Nanti akan kita berikan,” ujarnya.

Badan pesawat, menurut Direktur Operasional SAR Posko Pangkalan Bun Marsekal Pertama Supriyadi, diperkirakan berada di Teluk Kumai, sebab serpihan barang dan jenazah ditemukan di perairan tersebut. (cnn/ntojpnn/one)