Area Pencarian Meluas Hingga Pantai

KONSISTEN: Danny Hilman di lokasi penelitian kegempaan di wilayah Sumatera. Hasil penelitiannya meramalkan potensi gempa besar di Selat Sunda. (Danny Hilman for JPNN)
Basarnas membuka peta lokasi pencarian korban AirAsia
Basarnas membuka peta lokasi pencarian korban AirAsia

POJOKSATU — Operasi pencarian pesawat AirAsia yang berlanjut hari ini diperluas. Perluasan pencarian penumpang dan serpihan pesawat AirAsia QZ8501 mulai menyusuri pantai.

Komandan Unsur Udara Posko Lanud Iskandar Letkol Penerbang Jhonson Simatupang menyebutkan area pencarian menyisiri pinggir pantai dari Tanjung Keluang sampai pinggir Sampit. “Lebar pencarian diperluas dari 150 NM menjadi 210 NM,” ujarnya di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/1).

Perluasan operasi pencarian tersebut meliputi sekitar Telut Kumai atau lokasi penemuan jenasah kali pertama hingga mencapai Kabupaten Kota Waringin Timur.”Perluasan ini dibutuhkan untuk mencari adanya serpihan atau jenazah yang terbawa aliran laut yang cukup jauh,” ucapnya.

Apalagi, saat ini‎ arah angin dan ombak mengarah ke pinggir pantai sehingga, kemungkinan kuat serpihan dan jenasah terdampar di daratan. “Pantai tentunya menjadi tujuan utama,” kata Jhonson.


Terkait kondisi cuaca, Jhonson mendapatkan data dari BMKG bahwa kondisinya cukup baik. Sehingga, unsur laut dan udara bisa melakukan pencarian dengan maksimal. “Semoga, seharian cuacanya bagus,” ujarnya. (idr/dio)