AirAsia Maut Ternyata Langgar Izin Terbang

Air Asia terbang di luar jadwal
Air Asia terbang di luar jadwal

POJOKSATU – Izin terbang AirAsia tujuan Surabaya-Singapura pada hari Minggu ternyata tidak ada. Lalu siapa yang memberikan izin terbang AirAsia QZ 8501 yang mengalami musibah?

“Rute Surabaya-Singapura yang diberikan kepada Indonesia AirAsia adalah sesuai dengan jadwal penerbangan pada hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan J.A. Barata di Jakarta, Jumat (2/1/2015).

Jadwal tersebut rupanya dilanggar oleh AirAsia. Buktinya, penerbangan AirAsia rute Surabaya-Singapura (PP) tetap dilaksanakan di luar izin yang diberikan. Atas perubahan tersebut, sampai saat ini pihak AirAsia tidak mengajukan permohonan perubahan hari operasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Saat ditanya siapakah yang memberikan izin terbang AirAsia Qz 8501 yang mengalami kecelakaan, Barata tidak menjelaskan lebih lanjut. Namun Barata menegaskan bahwa apa yang dilakukan pihak AirAsia jelas merupakan sebuah pelanggaran atas persetujuan rute yang sudah diberikan. “Hal ini merupakan pelanggaran atas persetujuan rute yang telah diberikan,” ucapnya.


Managemen AirAsia belum memberikan konfirmasi seputar pelanggaran izin terbang. Otoritas bandara Juanda juga belum memberikan pernyataan mengenai penerbangan di luar jadwal tersebut. (one)