Azin Terbang AirAsia Dibekukan

024211_633906_air_asia_riau_pos
Izin Terbang Rute Surabaya-Singapura Dibekukan

POJOKSATU – Sudah jatuh tertimpa tangga pula. Begitulah yang dialami managemen AirAsia. Setelah AirAsia mengalami musibah Minggu (28/12/2014), maskapai murah asal Malaysia tersebut langsung mendapat sanksi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kemenhub membekukan izin terbang AirAsia rute Surabaya-Singapura terhitung mulai Jumat (2/1/2015). Pembekuan rute ini bersifat sementara sampai hasil evaluasi dan investigasi Kemenhub soal masalah ini diumumkan.

Pembekuan sementara ini sesuai dengan ‎surat Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. AU.008/1/1/DRJU-DAU-2015 tanggal 2 Januari. Pembekuan ini karena PT AirAsia Indonesia dinilai melanggar persetujuan rute, yakni penerbangan di jadwal hari Minggu yang tak berizin.

Apa komentar AirAsia Indonesia soal sanksi tegas ini? “Saya tidak tahu karena belum mengetahui dan membacanya sendiri,” kata Direktur Safety and Security AirAsia, Captain Raden Achmad Sadikin saat jumpa pers di Crisis Center di Gedung Mahameru Polda Jatim, Jumat (2/1/2015).


Menurutnya dia dan pihak AirAsia belum membaca secara langsung surat yang dikeluarkan Kemenhub. “Siapa yang keluarkan dan mulai kapan?” kata Sadikin balik bertanya. (one)