Tragedi Malam Tahun Baru, 35 Tewas Terinjak-Injak

Puluhan warga tewas saat merayakan tahun baru di Shanghai
Puluhan warga tewas saat merayakan tahun baru di Shanghai
Puluhan warga tewas saat merayakan tahun baru di Shanghai

POJOKSATU – Pesta malam pergantian tahun 2015 di pusat Kota Sanghai, China, berubah duka. Sedikitnya 35 orang tewas dan 42 lainnya menderita luka serius akibat terinjak-injak saat menyaksikan pesta kembang api menandai Tahun Baru 2015 di kawasan Bund.

Foto yang diterbitkan Xinhua memperlihatkan seseorang sedang membantu pernafasan seseorang yang tidak mengenakan baju, sementara yang lainnya terbaring di dekatnya.
Polisi tampak menutup kawasan tempat tragedi itu dan beberapa korban langsung dibawa ke rumah sakit setempat.

Seorang pejabat pemerintah Cina mengakui tragedi itu menewaskan 35 orang. Kasus tersebut sedang diselidiki oleh pihak berwenang. Pemerintah Kota Shanghai mengatakan insiden maut itu terjadi sekitar 23.35 malam waktu setempat.

Surat kabar berbahasa Inggris, Shanghai Daily, pekan lalu melaporkan bahwa malam tahun baru di Bund yang biasanya menarik sekitar 300.000 orang itu telah dibatalkan. Penyebabnya karena masalah pengendalian massa.


Laporan itu mengatakan acara tidak terbuka untuk umum. Namun, tampaknya orang-orang tetap berkumpul di daerah itu. Tepi sungai Bund merupakan daerah bersejarah di Shanghai. Di wilayah itu juga ada toko dan tempat wisata. Namun, jalan di area itu relatif sempit.

Surat kabar China Daily melaporkan bahwa penduduk Kota Shanghai sebanyak lebih dari 24 juta jiwa pada akhir tahun 2013. (dailymail/one)