Pilot AirAsia Positif Narkoba, Tapi..

airasia1POJOKSATU – Tim Direktorat Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan pemeriksaan urine di Bandara Ngira Rai Bali kepada FI, dan hasilnya FI terbukti mengonsumsi obat dopping.

Namun, manajemen AirAsia tidak yakin salah satu pilotnya, FI menggunakan narkoba. Pasalnya, FI termasuk kapten pilot senior yang memiliki latar belakang pekerjaan yang baik di AirAsia.

“Dia (FI) sudah sembilan tahun bekerja dengan kami, dia pilot yang sudah berkeluarga, dan track record nya bagus,” kata Presiden Direktur AirAsia, Sunu Widyatmoko, di posko DVI Polda Jatim, Kamis (1/1/2015).

Atas dasar itulah, AirAsia kembali akan memeriksa FI secara medis dengan melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Rumah Sakit ketergantungan obat. Yang pasti, FI baru saja sakit dan dirawat di rumah sakit sejak 26-29 Desember lalu. “Dia juga masih mengonsumsi obat untuk pemulihan dan kesembuhannya,” terang Sunu.


Pemeriksaan urine terhadap FI dilakukan sesaat setelah yang pesawat mendarat Pukul 08.50 WIT. Semula pilot tersebut akan kembali terbang ke Jakarta pada pukul 09.20 dengan penerbangan QZ7511. Seiring dengan temuan tersebut, pilot tersebut dilarang terbang dan akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut di Balai Kesehatan Penerbangan Kemenhub di Jakarta. (one)