Waspada Rayakan Malam Tahun Baru di Pantai

Warga diingatkan waspada rayakan malam tahun baru nanti di pantai. Foto: Ilustrasi
Warga diingatkan waspada rayakan malam tahun baru nanti di pantai. Foto: Ilustrasi
Warga diingatkan waspada rayakan malam tahun baru nanti di pantai. Foto: Ilustrasi

POJOKSATU – Informasi dini tentang prediksi adanya hujan deras disertai dengan angin kencang yang akan terjadi di wilayah selatan perairan selat sunda dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat di Posko Pemantauan Cuaca di Pelabuhan Penyeberangan Merak segera ditanggapi serius oleh Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Provinsi Banten.

Kepala Basarnas Banten, Heru mengimbau pengunjung dan wisatawan yang tengah menikmati liburan pergantian tahun di kawasan Anyer dan sekitarnya untuk turut meningkatkan kewaspadaan dengan berhati-hati saat berenang ataupun mandi di sepanjang pantai wilayah Selatan. Pasalnya, gelombang tinggi pantai dan cuaca buruk dikhawatirkan dapat datang sewaktu-waktu.

“Memang cuaca buruk di bagian selatan sudah terjadi sejak awal musim liburan. Untuk itu kami terus melakukan pengawasan selama liburan. Tapi untuk wilayah utara, aman,” ujarnya dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com), Rabu (31/12).

Heru membenarkan, pihaknya sudah mendapat peringatan dini dari BMKG tentang cuaca pada tahun baru ini, dan segera menindaklanjutinya.


“Khusus pada malam tahun baru ini, kita akan melakukan pantauan yang difokuskan di area wisata,” jelasnya.

Pada puncak pergantian tahun baru ini, kata dia, tingkat kewaspadaan akan gelombang tinggi itu lebih ditekankan kepada wisatawan yang tidak mengetahui kondisi kondisi pantai, guna mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terutamanya kecelakaan laut.

“Sejauh ini kami baru hanya mendapatkan laporan korban tenggelam di pantai Carita. Kalau untuk Anyer dan sekitarnya tidak ada,” tegasnya. (jpnn)