Sepanjang Tahun 2014, Australia Utara Jaring 287 Buaya

Foto: Istimewa - Buaya Air Asin
Foto: Istimewa - Buaya Air Asin
Foto: Istimewa – Buaya Air Asin

POJOKSATU –¬†Makin banyak buaya air asin yang berbahaya ditangkap di Wilayah Utara Australia, selama tahun 2014, dibandingkan dengan tahun lalu. Tetapi angka ini belum mampu memecahkan rekor.

Tahun ini, sebanyak 287 buaya ditangkap di Wilayah Utara Australia, 31 ekor lebih sedikit dibanding rekor yang ada.

Salah seorang komisioner penjaga hutan di taman nasional setempat, yakni Tom Nichols, mengatakan, jumlah itu termasuk 264 yang ditangkap dari wilayah Darwin dan 16 dari wilayah kota Katherine.

“Jumlah penangkapan tahun ini adalah peningkatan yang signifikan dibanding jumlah 226 ekor tahun lalu, dan mendekati rekor di tahun 2012 yakni 318,” katanya.


 

Tiap minggunya, para penjaga hutan di Wilayah Utara Australia rata-rata menangkap 5 buaya dari saluran air.

Hasil tangkapan terbesar adalah buaya sepanjang 4,75 meter dari wilayah komunitas Aborigin, di Sungai Daly.

“Kemungkinan buaya itu adalah salah satu yang paling gemuk yang pernah saya lihat selama ini, ia bergerak-gerak di dalam perangkap tetapi mengalami kesulitan untuk membalikkan tubuh,”kata Tom.

Ia menjelaskan, jumlah buaya yang tertangkap mengalami pasang surut selama empat tahun terakhir, namun rata-rata tak jauh berbeda.

Tahun 2014 adalah periode serangan buaya paling mematikan di ujung utara Australia, dengan adanya empat kasus kematian.

“Selama musim kemarau, benar angkanya turun, tampak sedikit lebih rendah, tapi masalahnya mereka masih ada, masih berkeliaran dan orang-orang harus ingat untuk berada di lokasi yang aman dari serangan buaya dan memikirkan keselamatan sepanjang waktu sementara terus menggunakan saluran air, “urainya.

Tom berharap, tahun 2015 tak akan ada lagi kematian akibat serangan buaya.