Luhut Panjaitan Dilantik jadi Kepala Staf Kepresidenan

Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan
Luhut Panjaitan

POJOKSATU – Letjen (purn) Luhut Binsar Panjaitan diangkat sebagai Kepala Staf Kepresidenan. Luhut dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada pukul 13.05 WIB, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (31/5).

Jabatan tersebut membuat Luhut yang juga mantan Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, akan mendapatkan hak keuangan dan fasilitas lain setara dengan menteri. Luhut merupakan Tim Penasihat Pemenangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam pemilihan presiden 2014. Jabatan ini disebut-sebut sebagai bentuk balas jasa Jokowi-JK atas perjuangan Luhut saat pilpres.

Pelantikan Luhut dihadiri pimpinan lembaga negara di antaranya Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman.

Turut hadir menteri Kabinet Kerja di antaranya, Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Kemaritiman Indroyono Susilo, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. (one)