Krisis Darah Jelang Akhir Tahun

PNS Kemenag yang menyumbangkan darahnya dalam kegiatan Donor Darah
PNS Kemenag yang menyumbangkan darahnya dalam kegiatan Donor Darah

POJOK SATU – Biasanya jelang akhir tahun stok darah di PMI Cabang Cibinong menipis dan permintaan pun banyak, tentunya hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi yang ingin berbagi. Dan banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk memberikan rasa solidaritas atau kesetiakawanan kepada sesama. Seperti yang dilakukan para pegawai Kementerian Agama Kab Bogor yang menyumbangkan darahnya dalam kegiatan Donor Darah menyambut peringatan Hari Amal Bakti Kemenag Ke-69 tingkat Kab Bogor yang dilangsungkan di Aula Kemenag Kab Bogor.
Kepala Kemenag Kab Bogor Suhendra, mengatakan, kegiatan donor darah merupakan salah satu bentuk kegiatan social yang dibangun para pegawai karena memiliki banyak manfaat, apalagi tambah dia, biasanya jelang akhir tahun PMI sangat membutuhkan sumbangan darah. “Saat ini jelang akhir biasanya kebutuhan akan darah sangat banyak, makanya kita adakan donor darah ini sebagai bagian dari kepedulian kita,” kata Suhendra.
Lebih jauh dia menjelaskan, kegiatan social menjadi sangat penting apalagi para pegawai dari sisi kemanusian sangat ingin membantu sesama. “Dan itu kita lakukan saat ini, intinya kita ingin berbagi melalui donor darah ini,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua panitia O. Dadan Farid, M.Pd mengatakan, setidaknya terdapat 20 orang pegawai yang berhasil menyumbangkan darahnya dalam kegiatan aksi donor darah untuk memperingati HAB ke-69 ini. “Ada sekitar dua puluhan yang benar-benar mendonor,” kata Dadan.
Untuk yang ingin menyumbangkan darah, sambung dia, cukup banyak hanya saja ada proses yang harus dilalui setiap pendonor seperti proses pemeriksaan dan pengecekan darah si pendonor. “Setelah dicek ada beberapa yang tidak bisa mendonor, namun yang jelas kegiatan ini menjadi media kita mempererat tali kemanusian,” imbuhnya. (one)