Brokoli Bikin Awet Muda dan Cegah Kanker

Foto: Istimewa - Brokoli
Foto: Istimewa - Brokoli
Foto: Istimewa – Brokoli

POJOKSATU – Brokoli atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Brassica Oleracea, merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah dan sudah sejak lama dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Brokoli adalah jenis keluarga kubis-kubisan yang mengandung vitamin C cukup tinggi, membuat sayuran ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Salah satu manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh adalah mencegah kanker. Selain mengandung vitamin C, brokoli juga mengandung phytochemical, antioksidan yang melawan berbagai penyakit dan infeksi, provitamin A atau karotenoid dan asam folat serta vitamin.

Brokoli mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan juga membantu mencegah sembelit. Brokoli juga dipercaya dapat membuat awet muda karena dapat meningkatkan Kesehatan Kulit, ini karena brokoli merupakan sumber vitamin C, beta-karoten, vitamin B kompleks. Ini semua sangat dibutuhkan untuk membuat kulit lebih bercahaya, bahkan vitamin E yang terdapat dalam brokoli sangat membantu perkembangan regenarasi jaringan kulit yang telah mati dan terlihat lebih muda. Senyawa sulforaphane dalam brokoli juga mampu melindungi kulit serta mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar UltraViolet.

The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengkonsumsi brokoli karena mengandung fitokimia sebagai anti-kanker. Beberapa studi juga menunjukan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus dan juga kanker paru-paru. Brokoli mengandung lutein karotenoid yang dapat mencegah penebalan arteri jantung, sehingga menjauhkan kita dari resiko penyakit jantung dan stroke.


Selain itu, brokoli juga bisa mencegah racun yang masuk ke dalam tubuh, Ini karena brokoli mengandung vitamin C dan asam amino sulfur sehingga menjadikan brokoli sebagai penawar racun yang sangat baik. Brokoli juga dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti halnya asam urat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat Melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak. Brokoli kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Konsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis. Brokoli juga bisa membantu mengurangi nyeri haid.

Brokoli juga bisa mencegah anemia karena banyak mengandung zat besi dan asam folat, membantu Mmningkatkan Kehamilan Agar Tetap Sehat. Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.

Itulah beberapa manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. (zul)