Tragis.. Air Asia Kembali Kena Musibah di Filipina

airasia-keluar-jalur-di-kalibo-filipina
Air Asia tergelincir di Filipna, hari ini

POJOKSATU – Musibah beruntun menimpa maskapai AirAsia. Belum selesai evakuasi korban pesawat di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, AirAsia kembalai mengalami musibah.

Insiden kali ini terjadi di Filipina. Armada maskapai AirAsia tergelincir dan keluar jalur saat mendarat pada pukul 16.53 waktu setempat, Selasa (30/12/2014) di Bandar Udara Kalibo Provinsi Aklan.

“Mesin pesawat dimatikan seketika, penumpang diminta meninggalkan kabin dan keluar dari pesawat secepatnya menggunakan jalur darurat,” tulis Damazo Santos, wartawan Rappler lewat akun Twitter @jetdsantos.

Dalam gambar yang beredar di jejaring sosial, mobil pemadam sudah siaga. Tidak ada korban dari insiden ini. “Penyebabnya adalah cuaca buruk,” tulis Santos.


AirAsia Filipina belum berkomentar untuk insiden di Kalibo. Sedangkan di hari yang sama dengan insiden AirAsia QZ8501 pada Minggu (28/12), AirAsia Zest Taglibaran-Manila juga gagal terbang akibat ban kempes.

Pesawat itu tidak bisa bergerak di landasan pacu, sehingga harus dipindah paksa oleh otoritas bandara setempat. Untuk insiden ini, AirAsia Filipina membenarkan ada masalah teknis dari roda, yang menyebabkan pesawat itu terpaksa ditunda penerbangannya hingga Senin (29/12). “Masalahnya adalah roda yang kempes,” kata Juru Bicara AirAsia Filipina Jenny Tan. (one)