Basarnas Temukan Korban Mengapung

Hari Ke-3, Pencarian AirAsia QZ8501 Sisir 13 Area
Hari Ke-3, Pencarian AirAsia QZ8501 Sisir 13 Area
Hari Ke-3, Pencarian AirAsia QZ8501 Sisir 13 Area

POJOKSATU – Selain menemukan objek yang diduga serpihan pesawat, Basarnas juga menemukan korban mengapung di laut. Korban tersebut diduga penumpang AirAsia. Kadispen TNI AL, Laksma Manahan Simorangkir dalam telewicaranya dengan tvOne menjelaskan bahwa tim SAR menemukan korban yang diduga penumpang dari pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang Minggu (28/12/2014) pagi.

“Tim temukan korban, tetapi kita belum bisa pastikan itu penumpang pesawat AirAsia,” tutur Laksma Manahan Simorangkir.

Sebelumnya, pesawat Hercules A-1319 milik TNI Angkatan Udara (AU) menemukan 10 objek benda menyerupai pelampung di perairan Selatan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, Selasa (30/12).

Tim Search and Rescue (SAR) akhirnya menemukan titik terang dalam tiga hari pencarian pesawat AirAsia QZ 8501 yang hilang. 10 serpihan yang diduga bagian dari pesawat tersebut berada di sekitar perairan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah.


Kru pesawat maupun awak media yang ikut penerbangan digetarkan dengan penemuan objek benda itu sekitar pukul 10.30 WIB. Serpihan tersebut berada di sekitar 190 km Pangkalanbun, atau 10 km dari titik hilangnya pesawat.

Pantauan dari dalam pesawat, nampak seperti pelampung dari atas ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan laut itu. Benda yang diduga pelampung itu nampak berwarna oranye, juga yang terlihat warna merah.

Tak selang lama, Pilot Mayor Penerbang Akal Juang sempat memutar balik arah pesawat tepat di bawah letak beberapa benda yang mengapung itu. Setelah berhasil memutar balik pesawat, tiga anggota TNI AU membuka ramp door pesawat agar para petugas dan wartawan dapat melihat secara seksama.

Pesawat Hercules ini berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta sekitar pukul 06.15 WIB pagi tadi. Dengan misi pencarian hari ke tiga pesawat AirAsia yang telah hilang. (one)