9 Jenazah Ditemukan, Baru 2 Dievakuasi

inilah beberapa temuan dari pencarian Airasia
inilah beberapa temuan dari pencarian Airasia

POJOKSATU – Sebanyak sembilan jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501 berhasil ditemukan. Dua di antaranya sudah dievakuasi dan diangkut ke darat oleh tim Basarnas. Sedangkan lainnya masih mengapung dan belum berhasil dievakuasi, karena terkendala cuaca gelombang tinggi.

“Ada dua jenazah yang kita temukan, jenis kelamin laki-laki. Sudah dievakuasi melalui kapal KRI Bung Tomo. Sedangkan yang lain masih dalam proses,” ujar Menteri Perhubungan Ignatius Jonan yang menggelar konferensi pers di aula Base Ops Lanud Iskandar Pangkalan Bun beberapa saat lalu dilansir Kalteng Pos (Grup Pojoksatu.id).

Pernyataan Ignasius Jonan ini juga sekaligus mengklarifikasi simpang siurnya berita di media mengenai jumlah mayat korban yang ditemukan dan berhasil dievakuasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat AirAsia QZ8501 yang terbang dari Surabaya menuju Singapura hilang kontak sekitar pukul 7.00 WIB (Minggu, 28/12). Pesawat tersebut kemungkinan besar mengalami gangguan cuaca.


Sebelum hilang dari radar ATC di Jakarta, pilot pesawat, Kapten Iriyanto, minta izin untuk mengubah arah pesawat demi menghindarkan awan tebal.

Pesawat membawa penumpang 155 orang dan kru sebanyak 7 orang, total di dalam pesawat 162 orang. Dengan rincian, Indonesia 155 orang, Korea Selatan 1 orang, Singapura 1 orang, Prancis 1 orang dan Malaysia 1 orang. (one)