Ini Reaksi Bos Air Asia Soal Tumpahan Minyak

Tony Fernandes
Tony Fernandes
Tony Fernandes di

POJOKSATU – CEO AirAsia Tony Fernandes belum bersedia memberikan pernyataan seputar penemuan dua titik genangan minyak di perairan Tanjung Pandan yang diduga tumpahan bahan bakar AirAsia. Tony juga belum bisa mengkonfirmasi seputar penemuan objek yang dideteksi pesawat canggih AP-3C Orion milik Australi. “No confirm,” ujar Tony Fernades kepada wartawan saat meninggalkan Crisis Center di Terminal 2 Bandara Juanda, Senin (29/12/2014).

Tony mengatakan, informasi temuan tersebut belum pasti. Namun katanya, proses pencarian tetap akan dilakukan. Pihaknya juga menindaklanjuti kedua informasi tersebut. “Ini belum pasti dan ini masih terus dilakukan pencarian,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, genangan minyak terlihat di area pencarian pesawat AirAsia QZ8501, Senin (29/12). Lokasi genangan tepatnya berada di wilayah perairan Selat Karimata, sebelah timur Tanjung Pandan.

Tumpahan minyak tersebut terpantau dari pesawat Hercules Alpha 1319 milik TNI AU yang merupakan bagian dari tim pencarian. JPNN.com (grup Pojoksatu.id) ikut dalam pesawat Hercules yang melakukan pencarian.


Sekitar pukul 14.00 WIB Alpha 1319 mendapat informasi bahwa ada genangan minyak di sekitar area patroli mereka. Pesawat yang dikemudikan oleh pilot, Letkol I Gusti Putu itu pun langsung menuju lokasi yang diinformasikan dan lakukan penyisiran.

Pada pukul 14.30, dari cockpit pesawat terlihat air yang berkilauan dengan warna seperti pelangi. “Kalau air warnanya seperti pelangi tandanya itu minyak,” kata salah seorang awak pesawat.

Ada dua titik genangan yang terpantau dari Alpha 1319. Koordinat lokasi genangan kemudian di catat oleh awak pesawat dan dilaporkan ke pusat operasi.

Namun karena keterbatasan bahan bakar, Alpha 1319 tidak bisa terlalu lama menyisir wilayah sekitar genangan. Sekitar pukul 14.45 WIB Alpha 1319 menyelesaikan pencarian dan kembali ke Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma. (dil/jpnn)