Horee..Tunjangan Sertifikasi Guru Kemenag Cair

Guru-guru saat melakukan pencairan Tunjangan Sertifikasi di BSM Cibinong.
Guru-guru saat melakukan pencairan Tunjangan Sertifikasi di BSM Cibinong.
Guru-guru saat melakukan pencairan Tunjangan Sertifikasi di BSM Cibinong.

POJOKSATU – Setelah lama menunggu hampir satu tahun akhinya guru madrasah pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor bisa tersenyum lebar. Ya, para abdi pendidikan ini akhirnya menerima tunjangan sertifikasi terhutang sejak tahun 2012 sampai 2013 lalu. Para guru ini pun langsung menyerbu Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Cibinong, Senin (29/12) untuk mencairkan anggaran yang lumayan besar tersebut.
Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kab Bogor Mat Nur mengungkapkan, pencairan tunjangan sertifikasi para guru ini sejak awal memang menjadi komitmen Kemenag karena memang menjadi sertifikasi terhutang. “Kita buktikan komitmen kita untuk bisa mencairkan, dan Alhamdulillah akhirnya tunjangan yang terhutang sejak 2013 ini bisa cair,” kata Mat Nur.
Jika dirinci, sambung dia, untuk terhutang jumlah Non PNS sebanyak 485 orang dan PNS sebanyak 491 0rang. “Itu juta sudah cair,” ujarnya.
Bukan hanya itu, tambah dia, Kemenag juga mencairkan tunjangan sertifikasi lulus 2013 yang jumlahnya juga cukup banyak yaitu PNS sebanyak 216 orang dan Non PNS sebanyak 796 orang. Sedangkan, untuk yang berjalan pada 2014 ini terdapat guru PNS sebanyak 499 orang dan Non PNS 2.024 orang. “Dan itu masuk ke rekening langsung para guru,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Kemenag Kab Bogor Suhendra menyatakan, jika Kemenag sejak awal terus memperjuangkan hak para guru yang ada dalam tunjangan sertifikasi. “Jadi, kami tidak diam. Hanya saja prosesnya memang cukup lama baru bisa terbayarkan,” kata Suhendra.
Dirinya pun mengingatkan, agar para guru berhati-hati ketika sudah menerima uang tunjangan sertifikasi ini jangan sampai habis sia-sia, apalagi sebentar lagi akan masuk sekolah dan tentunya ada kebutuhan anak-anak. “Usahakan gunakan untuk hak bermanfaat, jangan sampai habis begitu saja. Sebentar lagi anak-anak masuk sekolah,” pungkasnya.
Salah satu guru penerima tunjangan sertifiaksi M Toyib dari MI Mathlaul Anwar Kec Rancabungur berjanji akan mempergunakan hasil jerih payahnya ini dengan baik. “Buat biaya anak-anak sekolah, dan memang saya nantikan tunjangan ini sejak setahun lalu,” kata Toyib. (one)