Cuaca Ekstrim Hadang Tim Pencari Air Asia

Pesawat AirAsia2
Pesawat Air Asia

POJOKSATU – Pencarian pesawat Air Asia yang hilang kontak, Minggu (28/12/2014) mengalami kendala karena tidak didukung cuaca. TNI, Polri, dan Basarnas terpaksa menghentikan sementara proses pencarian akibat cuaca ekstrem.

“Penyisiran sudah kita lakukan dengan menggunakan dua pesawat, tapi tidak membuahkan hasil karena tadi kita harus kejar kejaran dengan awan yang tidak bersahabat,” ujar Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal), Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta kepada wartawan di Puspenerbal Juanda, Minggu (28/12/2014) malam.

Sigit mengungkapkan, pesawat TNI AL yang melakukan pencarian hanya mampu terbang dengan ketinggian 1.000-2.000 feet dengan jarak pandang 1 Km. “Situasi di lokasi awan rendah,” tambahnya.

Kesulitan lain, kata Sigit, titik koordinat terakhir Air Asia hilang merupakan jalur penerbangan dan jalur laut yang banyak dilalui kapal.
“Kita juga sudah melakukan pencarian menggunakan kapal dan bertemu banyak teman nelayan di sana karena merupakan jalur kapal,” imbuhnya.


Hari ini, tim kembali melakukan penyisiran di titik yang dilalui pesawat Air Asia yang hilang kontak. Beberapa negara tetangga juga ikut melakukan pencarian, seperti Singapura dan Malaysia. (one)