Putri Pilot: Kembalikan Papaku, Papa Harus Pulang

082524100_1419751379-pilot-airasia-2-141228 (2)
Pilot Air Asia, Irianto

POJOKSATU – Angela, putri pilot pesawat AirAsia yang hilang kontak, Kapten Pilot Irianto, mengekspresikan kegundahannya via akun Path.
Gadis berkerudung itu berharap ayahnya bisa kembali ke tengah-tengah keluarga.

“Papa plg. Kakak msh bth papa. Kembalikan papaku. Papa plg pa. Papa hrs ketemu, papa hrs plg,” tulis Angela.

Pesawat AirAsia rute Surabaya-Singapura yang dipiloti  Irianto membawa 155 penumpang, termasuk 1. Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya pada pukul 05.36 menuju Singapura.

Namun di tengah perjalanan, pesawat tersebut dinyatakan hilang kontak. Burung besi tersebut terakhir kali terlacak pada pukul 06.17 WIB dan hilang dari radar pos pemantau Jakarta pukul 06.18 WIB.


Sementara itu, Staf Khusus Kemenhub Hadi Mustofa mengatakan, ada 2 permintaan pilot pesawat sebelum hilang dari radar. “Kontak terakhir dengan menara kontrol di Jakarta, pertama pilot minta naik dari ketinggin dari 32 ribu kaki ke 34 ribu kaki melalui menara kontrol di Jakarta dan sudah diizinkan naik,” ungkap Hadi.

Selain dengan menara kontrol di Jakarta, jelas Hadi, sang pilot juga sudah berkoordinasi dengan menara kontrol di Singapura. “Sudah berkoioidinasi juga dengan menara kontrol di Singapura,” kata Hadi.

Kemudian, lanjut Hadi, pilot AirAsia tersebut meminta sedikit belok arah sebelum hilang kontak. “Pilot minta izin sedikit berbelok arah tapi tetap di rute internasional biasanya,” ujar Hadi. (One)