Jokowi Ketagihan ke Pasar Mama-Mama

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

POJOKSATU – Begitu tiba di Bandara Sentani, pukul 14.30 WIT, Presiden Joko Widodo langsung bergerak menuju Pasar Phaara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Presiden Joko Widodo dan Istri langsung disambut oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw bersama Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw.

Presiden ke–7 itu langsung menuju ke lokasi pembangunan Pasar Phaara. Di sana Jokowi ditunggu oleh ratusan warga yang hadir dan ingin menyaksikan mantan gubernur DKI yang gemar blusukan itu. Kedatangan Jokowi disambut hangat oleh warga dan pedagang pasar Mama-Mama.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI memberikan kunci dan Maket Pasar Mama–Mama Papua, dan juga kunci rumah keluarga sehat untuk selanjutnya dapat digunakan sebagaimana mestinya.


Selain itu, Presiden yang sering disapa Jokowi itu mendengar langsung tanggapan dari dua orang perwakilan pasar Mama–Mama Papua dan Pasar Pharaa Sentani.

Jokowi meminta pembangunan pasar Pharaa itu harus segera dikerjakan. “Dan ini harus diingat oleh Gubernur dan Bupati Pasar ini harus diberikan gratis kepada pedagang. Hati – hati kalau bayar, langsung dilaporkan kepada Presiden,” jelas Jokowi di hadapan masyarakat di Pasar Phaara Sentani, Sabtu (27/12).

“Tadi kata Bupati, pasar ini akan diresmikan tahun baru yang akan datang. Dan tahun depan saya akan tahun baru di sini. Tapi saya senang sekali dan berbahagia sekali hari ini (kemarin, red) bisa ikut merayakan Natal di Jayapura dan tahun depan Tahun Baru saya akan akan ke Papua lagi,” sambungnya.

Ia mengingatkan pasarnya harus jadi. Untuk itu gubernur, bupati bahkan menteri harus segera membangun sehingga Jokowi bisa  merayakan Tahun baru 2016 di Papua.

“Bapak Gubernur, Bapak Bupati dan menteri catat kalau tidak jadi pasarnya saya tidak akan Tahun Baru di sini (Papua-red),” tuturnya.

Sementara itu Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mempunyai harapan yang besar agar  pembangunan pasar Phaara di Sentani dan pasar mama – mama Papua di Jayapura dapat selesai dengan cepat.

“Pasar Phaara Sentani sebagai konsep baru model pasar di Indonesia. Harapan kita kualitas dan konsep dikerjakan sesuai dengan rencana dan harapan Presiden sehingga pedagang asli Papua dapat tempat yang utama,” ucapnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pedagang asli Papua maka harus di lakukan pelatihan dan itu telah didengar oleh Presiden Joko Widodo dari mama – mama pedangang asli Papua untuk dapat ditindaklanjuti.

Sebelum meninggalkan Pasar Phaara dan menuju ke Kota Jayapura, Jokowi menyempatkan diri untuk melihat rumah anak dan rumah keluarga sehat yang terletak di Pasar Phaara Sentani. (yud)