Air Asia Dipastikan Tak Kehabisan Bahan Bakar

AirAsia_X_Airbus_A330-300_Nazarinia-3
Air Asia hilang kontak, Minggu (28/12/2014) pagi

POJOKSATU – Pesawat AirAsia nomor QZ8501 tujuan Surabaya-Singapura yang dinyatakan hilang kontak hingga kini belum menemui kejelasan. Pesawat nahas tersebut sempat dilaporkan jatuh di Bangka Belitung dan Pontianak, namun pemerintah belum berani berspekulasi lebih jauh terkait hal tersebut.

Pesawat yang membawa 155 penumpang itu juga sempat diberitakan kehilangan bahan bakar, tetapi Kementerian Perhubungan memastikan avtur pesawat cukup untuk melakukan penerbangan Surabaya- Singapura.

“Bahan bakar diisi untuk 4,5 jam. Posisi kehilangan kontak, 1 jam setelah terbang. Jadi, logikanya tidak mungkin kehabisan bahan bakar,” tutur Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo saat konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (27/12).

Sejauh ini, kata Djoko, pihaknya telah menghubungi para pilot disekitar lokasi kejadian untuk menanyakan terkait posisi terakhir. Namun, belum ada tanggapan positif terkait keberadaan pesawat AirAsia nomor QZ8501. “Kita sudah minta temen-temen pilot sekitar lokasi, tapi belum dapat informasi,” ujarnya. (one)