Jual Rumah, Boyong Istri dan Anak Jihad ke Suriah

Ilustrasi pasukan ISIS
ISIS
Bendera ISIS

 

POJOKSATU – Pasangan suami-istri asal Makassar, A dan R, nekat menjual umahnya Rp100 juta agar bisa berangkat ke Suriah untuk bergabung dengan tentara ISIS.

“Mereka mengatakan rumah di sana (Makassar) sudah dijual. Tabungannya ada sekitar 9.000 dollar AS (Rp100 juta). Itu hasil jual rumah,” kata Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (27/12/2014).

A dan R, hendak terbang ke Suriah bersama putrinya, N yang baru berusia 10 tahun. Ketiganya ditemani oleh tiga orang pria lain saat ditangkap oleh polisi sebelum berangkat ke Suriah, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Sabtu dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.


“Ketika ditangkap, mereka juga tidak bawa koper seperti mau bepergian. Cuma pakaian di badan dan tas ransel. Sepertinya memang tidak ada niat mau balik lagi,” tambah Kabid Humas Polri Rikwanto.

Rikwanto mengatakan, bisa saja keenam orang ini merupakan korban penipuan. Pasalnya, kepolisian juga sudah menangkap MA alias AM, yang diduga menjadi promotor dan fasilitator berangkatnya para WNI ini.

“Seorang yang sangat khusyuk, tawadu dalam beragama kalau tidak matang keilmuannya mudah diarahkan oleh pihak tak bertanggung jawab,” ujar Rikwanto. (one)