Gempa 5SR Guncang Cianjur

gempa halmahera barat
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

POJOKSATU-Gempa dengan kekuatan 5 skala richter kembali mengguncang Kabupaten Cianjur, Jumat (26/12) sekitar pukul 21.08 WIB. Informasi resmi Badan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di 31 kilometer barat daya Cianjur dengan kedalaman 56 kilometer bawah permukaan laut.
Belum dikabarkan ada korban jiwa atau kerusakan materi akibat guncangan gempa tersebut. Gempa sendiri diprediksi berada di laut lepas Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang Cianjur selatan.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur Asep Suhara membenarkan, telah terjadinya gempa di Kabupaten Cianjur, tepatnya di Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang.
“Memang telah terjadi gempa yang mengakibatkan guncangan hingga 5,0 skala richter. Menurut dari derajat petanya gempa terjadi di wilayah Cianjur selatan antara wilayah Kecamatan Cidaun dan Sindangbarang. Namun begitu belum ada informasi lebih lanjut apakah ada korban atau tidaknya akibat gempa tersebut,” imbuh Asep semalam.
Ia menuturkan, terjadinya gempa yang terjadi sekitar pukul 21.29 WIB, berpotensi tsunami jika terjadinya di pantai, namun jika dilihat dari derajat gempa tersebut berada di lepas laut, maka kemungkinan tidak akan menyebabkan tsunami. Meskipun demikian kami terus memantau ke lapangan dan langsung mengecek dengan mengirimkan anggota BPBD,” ungkapnya.
Pihaknya juga sudah melakukan pengecekan lewat pemantauan ke beberapa tempat, khususnya di wilayah Cianjur selatan yang berpotensi akan longsor akibat gempa tersebut, seperti daerah Kecamatan Sukanagara, Tanggeung, Pagelaran, Naringgul dan beberapa tempat lainnya yang rawan akan terjadinya longsor.
“Beberapa anggota hingga saat ini sedang melakukan pemantauan ke lapangan, untuk mengevakuasi jika adanya korban akibat gempa, yang berdampak terjadinya longsor, saya harapkan tidak ada korban akibat terjadinya gempa tersebut,” harapnya.
Pihaknya menghimbau terhadap warga masyarakat, khususnya yang berada di daerah rawan akan longsor untuk tatap waspada. “Karena sekarang musim penghujan, sehingga rawan terjadinya bencana longsor, saya juga himbau agar tetap waspada dan siaga, khususnya bagi warga yang berada di daerah akan rawan longsor,” imbuhnya.(ndk)