6 Pengikut ISIS Diringkus di Bandara Soetta

ISIS
Pengikut ISIS

POJOKSATU – Enam pengikut ISIS asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, diciduk polisi sesaat sebelum bertolak ke Suriah, Sabtu (27/12/2014). Penangkapan dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Mereka akan terbang menumpang Qatar Airlines 959 transit Doha. “Mereka sudah sempat check in, tinggal menunggu berangkat,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes (pol) Rikwanto.

Tiga dari mereka adalah keluarga, yang terdiri pasangan Suami-Istri dan seorang anak perempuan berusia 10 tahun. Tiga lainnya adalah laki-laki yang merupakan teman dari keluarga ini. “Penangkapan keenam WNI ini berdasarkan informasi yang didapat oleh Sub Dit Jatanras, bahwa akan ada pemberangkatan sejumlah orang ke Suriah. Dan ternyata benar,” ujar Rikwanto.

Rikwanto menyebutkan, dari tangan mereka ditemukan 6 dokumen perjalanan atau paspor yang diduga palsu. Lima paspor berasal dari Makassar, dan satu lainnya berasal dari Palu. Tidak ditemukan identitas lainnya seperti Kartu Tanda Penduduk. “Saat ditangkap, mereka juga tidak bawa koper seperti mau bepergian. Cuma pakaian di badan dan tas ransel. Sepertinya memang tidak ada niat mau balik lagi,” tambah Rikwanto.

Lebih jauh Rikwanto menjelaskan, setelah ditangkap, keenam pengikut ISIS itu langsung dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan. Mereka mengaku ingin berangkat ke Suriah karena ingin menjalankan syariat Islam.


Rikwanto melanjutkan, mereka merasa tidak bisa menjalankan syariat Islam dengan benar di Indonesia. Karena itu, mereka memilih berjihad ke Suriah dan menjalankan agama Islam dengan benar di sana. “Mungkin saja mereka ini korban penipuan. Seorang yang sangat khusyuk, tawadu dalam beragama kalau tidak matang keilmuannya mudah diarahkan oleh pihak tak bertanggung jawab,” tambah Rikwanto. (one)