Masjid Dibakar saat Natal, 5 Jamaah Kritis

Masjid Dibakar
Masjid Dibakar
Masjid Dibakar

POJOKSATU – Sebuah masjid di kota Eskilstuna, Swedia, dibakar oleh seseorang yang belum diketahui identitasnya, Kamis (25/12), bertepatan dengan perayaan hari Natal. Lima orang yang sedang menjalankan ibadah di dalam masjid mengalami luka serius dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Seorang saksi mata mengaku melihat seseorang melemparkan sesuatu ke dalam masjid. Saat itu, ada sekitar 20 orang sedang menjalankan ibadah di dalam masjid. Diduga, pelaku melemparkan bom molotov hingga menyebabkan kebakaran.

Media setempat memperlihatan asap dan api yang membakar jendela sebelum ditangani oleh petugas pemadam kebakaran. “Seorang saksi mata melihat seseorang melempar sesuatu melalui jendela gedung yang juga berfungsi sebagai masjid. Kemudian terjadi kebakaran hebat,” kata juru bicara polisi Lars Franzell kepada wartawan.

Dia mengatakan lima orang dibawa ke rumah sakit untuk menangani cedera akibat menghirup asap dan luka.


Franzell mengatakan insiden ini sedang diselidiki sebagai pembakaran, namun tidak ada penangkapan yang telah dilakukan pada Kamis sore.

Polisi mengatakan, mereka mengevakuasi apartemen di atas masjid dan warga akan dibawa ke akomodasi darurat di sebuah pusat pemuda di dekatnya

Peristiwa pembakaran di hari Natal ini terjadi di tengah perdebatan sengit masyarakat Swedia terkait kebijakan imigrasi. Kelompok ekstrem kanan menginginkan pemotongan jumlah pencari suaka yang diizinkan masuk Swedia hingga 90 persen. Sedangkan partai moderat mendukung dipertahankannya kebijakan liberal negara tersebut.

Eskilstuna, yang dihuni banyak imigran, menjadi tempat bentrokan yang melibatkan kelompok neo-Nazi. Kelompok ekstrem kanan ini merupakan penentang kebijakan imigrasi Swedia permulaan tahun ini. (United Press International/one)