Jalur Puncak Diterjang Longsor

ilustrasi (Longsor Puncak)
ilustrasi (Longsor Puncak)
ilustrasi (Longsor Puncak)

POJOKSATU – Hujan deras yang mengguyur Bogor dan sekitarnya sejak Jumat (26/12) siang menyebabkan longsor di jalur Puncak, tepatnya di Riung Gunung Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua.

“Lonsoran tanah terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Material longsoran menumbangkan pohon dan menutup jalur Puncak dari kedua arah,” ujar Kepala Polisi Resor Bogor, AKBP Sonny Mulvianto Utomo.

Longsoran tersebut menyebabkan kemacetan panjang. Beruntung, aparat dan pemerintah setempat bertindak cepat untuk melakukan evakuasi. “Evakuasi pohon sudah dilakukan, sedangkan material tanah sudah dibawa air hujan,” tambah Sonny.

Sony menjelaskan, posisi lokasi longsor berada di jalur setelah Hutan Pinus Agro Wisata Gunung Mas (dari arah Jakarta berada di sebelah kanan). Proses evakuasi material longsor sudah dilakukan dan petugas Satlantas Polres Bogor juga sedang mengupayakan penanganan arus lalu lintas di jalur Puncak yang cukup padat.


Ia menambahkan, longsor tanah tebingan yang terjadi tidak begitu besar, sehingga tidak sampai memutuskan arus lalu lintas di jalur Puncak. “Arus lalu lintas sudah kembali normal dan bisa dilalui dua jalur, petugas masih melakukan pengaturan arus lalu lintas,” imbuh Sony.

Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo mengatakan, pihaknya sudah menurunkan tim untuk melakukan evakuasi material longsor di jalur Puncak.

“Upaya evakuasi sudah dilakukan bersama warga. Saat ini masih menunggu dari Bina Marga dan Pekerjaan Umum untuk mengangkat material pohon dan tanah yang tersisa,” kata Budi. (one)