Akhir Tahun Jalur Puncak Ditutup Total

MERAYAP: Ekor arus lalu lintas di Cipanas, imbas diberlakukan ‘one way’ Polres Bogor. foto : farhan
MERAYAP: Ekor arus lalu lintas di Cipanas, imbas diberlakukan ‘one way’ Polres Bogor. foto : farhan
MERAYAP: Ekor arus lalu lintas di Cipanas, imbas diberlakukan ‘one way’ Polres Bogor. foto : farhan

POJOKSATU-Arus lalu lintas kawasan Cipanas dan Pacet pada hari libur Natal padat merayap. Nampak ekor buka tutup yang dilakukan Polres Bogor terlihat hingga depan Pasar Cipanas.
Sejak pagi hari mobil berplat luar kota, dari Jakarta dan Bandung mulai masuk ke daerah Cipanas. Walhasil sekitar pukul 11.00 WIB kepadatan terlihat sejak Polres Bogor memberlakukan jalur ‘one way’ (satu arah).
Jamaludin (41) salah seorang wisatawan asal Tangerang mengaku, sengaja berangkat subuh dari rumahnya, saat memasuki kawasan Puncak-Cipanas kemacetan mengular terjadi. “Makanya saya baru sampe Cipanas sore hari. Meskipun padat merayap saya tetap memilih wisata ke Cipanas karena pemandangannya indah sekali,” tuturnya.
Kapolres Cianjur AKBP Dedy Kusuma Bakti menjelaskan, Polres Cianjur akan memberlakukan rekayasa arus lalu lintas sejak libur Natal, cuti bersama, dan jelang pergantian Tahun Baru 2015 di Jalan Raya Cianjur-Puncak.
Jalur akan ditutup secara ketat selama 22 jam, dikhususkan pada akhir tahun nanti. “Pada 31 Desember 2014 nanti arus lalu lintas menuju Puncak akan dialihkan. Jalan menuju Cipanas, Pacet, dan Sukaresmi akan ditutup mulai dari perempatan Tugu Mamaos-Maos-Maenpo Jalan Dr Muwardi Cianjur,” tuturnya.
Arus lalu lintas wilayah Cianjur-Puncak sendiri akan dialihkan pada jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Meski bagi masyarakat yang tinggal di Cipanas, Pacet dan Sukaresmi, tak perlu khawatir ketika akan melintasi Jalan Raya Cianjur-Puncak.
“Penduduk lokal yang berdomisili di kawasan Cipanas dan sekitarnya, hanya perlu menunjukan KTP ketika akan melintasi jalur tersebut. Untuk kendaraan pengangkut sembako, BBM dan gas elpiji, tetap diprioritaskan melintas agar tidak terganggu pola distribusinya,” ujarnya.
Dijelaskanya, penutupan jalur Cianjur-Bogor akan dilakukan dengan pola waktu yang berbeda. Pertama, kendaraan beban dan bus umum tujuan Jakarta akan dialihkan ke Jalur Cikalongkulon-Cibeet-Jonggol pada tanggal 31 Desember mulai pukul 06.00-00.00 WIB.
“Kedua, kendaraan roda dua dan roda empat tujuan Jakarta, akan dialihkan ke jalur Cikalongkulon-Cibeet-Jonggol pada 31 Desember mulai pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2015 pukul 04.00 WIB,” tandasnya.(fhn)