3.000 Jemaat Padati Karmel

Polisi menjaga gereja di Bogor
Polisi menjaga gereja di Bogor

POJOKSATU-Pengamanan peringatan Natal di Komplek Gereja Lembah Karmel Desa Cikanyere Kecamatan Sukaresmi berlangsung ketat, kemarin (25/12). Peringatan di lokasi peribadatan umat Kristiani terbesar di Indonesia ini dihadiri 3.000 jemaat, dan dikawal 85 anggota Polri/TNI.
Pantauan Radar Cianjur, kedatangan jemaat pada peribadatan Natal 2014 di Lembah Karmel ini, tercatat menggunakan 300 roda empat, 7 bus, dan 20 unit roda dua. Kegiatan malam misa Natal sendiri dipimpin Romo Yohanes.
Adapun rincian dari 85 anggota pengamanan itu terdiri dari 12 anggota Dalmas, 8 anggota Brimob, 7 anggota Polsek, 5 anggota  TNI/Babinsa, 10 anggota security, 10 orang tokoh masyarakat dan pemuda, 10 orang linmas, 4 orang ormas, dan 15 aparat gabungan Polres.
Kapolsek Sukaresmi AKP Sutarna menjelaskan, mulai malam misa Natal hingga ibadah pagi yang dipimpin Romo Yohanes, pelaksanaan berlangsung lancar. Sejumlah jemaat menjalan ibadahnya dengan tenang dan khidmat. “Kami menerjunkan puluhan personil ini dilaksanakan sesuai dengan SOP. Pelaksanaan Natal hingga selesai sudah berjalan lancar,” tutur Sutarna.
Menurutnya, mayoritas jemaat berasal dari luar Cianjur. “Tidak sedikit diantara mereka merupakan rombongan dari luar daerah, hal itu terlihat dari jumlah kendaraan bus yang terparkir di areal tempat ibadah,” paparnya.
Johanes (41) salah seorang jemaat Nasrani asal Bekasi mengaku, begitu khidmat dalam peringatan Natal di Lembah Karmel. Selain jauh dari perkotaan, pengamanan juga berlangsung ketat.
“Saya sengaja datang dari Bekasi bersama keluarga ke Lembah Karmel. Saya merasakan ketenangan bila beribadat di sini, dan suasananya juga nyaman,” ungkapnya.
Meski begitu dirinya menyayangkan akses jalan di Cipanas menuju Lembah Karmel masih mengalami rusak parah. Tentunya hal itu menganggu kenyamanan perjalanan jemaat. “Kami harapkan pemerintah setempat bisa memperbaiki akses jalan yang rusak saja. Ini juga untuk kenyamanan wisatawan ke daerah Sukaresmi,” tandasnya.(fhn)