Survei: 35 Persen Pernikahan Berawal dari Facebook dan Twitter

suami minta izin menikah lagi
ilustrasi (menikah)
ilustrasi (menikah)
ilustrasi (menikah)

POJOKSATU – Internet sangat membantu manusia modern dalam segala hal, termasuk soal jodoh.  Penelitian yang dilakukan Universitas Chicago dan eHarmony.com, mengungkap fakta baru bahwa lebih dari sepertiga atau sekitar 35 persen pernikahan berawal dari perkenalan di dunia maya, seperti facebook, twitter, email, pesan IM, maupun game multi-player.

Penulis dan Profesor Psikologi dari Universitas Chicago, John Cacioppo, mengatakan,
internet telah menjadi tempat nomor satu untuk menemukan pasangan hidup. Fitur-fitur efektif di dunia maya sangat membantu menemukan jodoh dan memahami karakter pasangan.

John Cacioppo menambahkan, sebagian besar pasangan suami istri yang mengawali perkenalannya di media online, ternyata bisa bahagia dalam waktu yang cukup lama.

Bahkan, tingkat percerian pasangan dari internet ternyata lebih rendah dibandingkan pasangan yang mengawali perkenalannya melalui tatap muka.


Dari 19.131 pasangan menikah yang disurvei, hanya 6 persen dari mereka yang bertemu secara online berakhir dengan perceraian. Sedangkan yang bertemu secara offline atau tatap muka, tingkat perceraiannya mencapai 7,6 persen.

Skor kepuasan bagi pasangan menikah yang bertemu secara online juga juga lebih tinggi daripada mereka yang bertemu tatap muka.

“Data ini menunjukkan bahwa internet dapat mengubah dinamika dan hasil dari pernikahan itu sendiri,” ujar John Cacioppo. (one/dailymail)