Rini ke Istana, Pengumuman Nama Dirut Baru PLN Ditunda

Menteri BUMN, Menteri Rini Soemarno
Menteri BUMN, Menteri Rini Soemarno
Rini Soemarno
Rini Soemarno

POJOKSATU – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menunda pengumuman nama direktur utama (dirut) baru untuk PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Sedianya dirut baru PLN pengganti Nur Pamudji akan diumumkan Selasa (23/12) siang di Kementerian BUMN, Jakarta.

Namun, Rini menunda pengumuman itu dengan alasan tengah dipanggil Presiden RI, Joko Widodo ke Istana. Pengumuman nama dirut baru PLN kata dia akan diumumkan malam nanti.

“Nanti malam (pengumuman, red), saya mau ke bapak presiden (Jokowi) sekarang. Kalau semua siap jam 7-an malam,” ujar Rini tanpa menjelaskan tujuannya untuk bertemu dengan Jokowi apakah terkait dengan akan diumumkannya nama dirut baru PLN.

Mantan menteri perindustrian dan perdagangan itu mengaku tak setuju bila ada yang mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengulur pengumuman nama dirut PLN yang baru. Ia berdalih bahwa proses seleksi memang belum selesai sampai siang ini.


Bahkan menurutnya, pengumuman nama baru dirut PLN bisa saja dilakukan Rabu (24/12) besok. “Bukan ditunda, tapi proses memang begini. Kalau nggak nanti malam, besok,” kilahnya.

Setidaknya ada tiga nama kandidat calon pengganti Nur Pamudji di PLN. Dari tiga kandidat calon Dirut PLN, dua di antaranya dikabarkan dari dirut perusahaan pelat merah. Mereka adalah Dirut PT BRI Sofyan Basyir dan Dirut PT Bukit Asam (PTBA) Milawarma. (chi/jpnn)